Mengatasi Virus Sytism.exe

Mengatasi Virus Sytism.exe (bukan system.exe) Yang Tembus Deep Freeze
Bagi anda pengelola Warnet ataupun laboratorium komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan program freez alias membekukan drive (biasanya drive C ) buatan faronic ini, tapi bagaimana bila program andalan ini tiba-tiba mampu ditembus oleh trojan yang menamakan dirinya Sytism.exe? bagi yang menggunakan antivirus yang handal mungkin tidak ada masalah, tp bagi yang hanya mengandalkan pembekuan drive saja karena keterbatasan spesifikasi hardware misalnya, tentu ini merupakan masalah...ya ga bro...?
Nah...saya akan berbagi pengalaman saya tentang cara mengatasi virus ini:

Yang pertama saya mengajak anda untuk mengenal lebih dulu tentang virus sytism.exe. ini.
Nama program : sytism.exe
Varian : Trojan
Asal : China
Cara kerja :
  • menyebar melalui internet dan media portable seperti flashdisk, Memorycard,dll
  • kemudian menyusup ke semua drive yang tersedia di komputer kita.
  • merubah tampilan windows ke tampilan klasik
  • menginfeksi explorer.exe sehingga komputer menjadi hang bila kita melakukan explorer
  • memaksa membuka internet explorer dan memaksa mengarahkan ke websitenya sendiri dengan menjadikannya sebagai homepage di internet explorer.
  • merusak registry dengan menanamkan pasword recovery....atau apalah namanya......pokoknya menyebalkan sekali....sehingga browsing menjadi sangat lambat.
  • dan lain -lain tentunya....
Cara Mengatasinya :
Okelah...disini saya menganggap komputer kita menggunakan deep freeze
  1. Siapkan kopi panas dan sebungkus rokok bagi yang merokok hehehe.....karena ini kan memakan waktu yang cukup lama sekita 15 menit untuk sekali scan
  2. Nyalakan komputer atau bila sudah nyala restart dulu biar lebih afdol...
  3. Download  program malwarebytes anti malware, untuk download silahkan klik disini : 
  4. Download Malwarebytes Anti Malware
  5. Ubah settingan deep freze menjadi thawed, restart komputer
  6. Saya asumsikan Anda telah berhasil mendapatkan master instalasi MalwareBytes Anti-Malware. Instal program tersebut klik next-next trus aja sampai selesai...kemudian lakukan update database...pilih use trial atau bila mau beli silahkan tp buat saya trial saja udah cukup kan bila sudah selesai juga di unnistal... hehehehe....
  7. Tutup semua program dalam jendela Windows Anda. Dobel klik file mbam-setup.exe untuk menginstall aplikasi. Ketika instalasi sedang berjalan, tetap ikuti perintah instalasi dengan Next hingga selesai. gunakan custom aja Anda tidak perlu melakukan perubahan setting apapun. Pada pilihan terakhir, jangan lupa pilih checkbox pada pilihan Update untuk melakukan update database selanjutnya klik  Finish. Jika Program menemukan update, secara otomatis software akan mendownload dan melakukan instalasi secara otomatis.
  8. Ketika Program sudah berjalan, pilih Perform Full Scan, 
  9. Selanjutnya pilih drive yang akan kita scan lalu  klik Scan. 
  10. Proses pemindaian ini berlangsung dalam waktu yang bervariasi tergantung spesifikasi dan jumlah file yang discan pada komputer andajadi silakan sabar sejenak. nah disinilah saatnya kita menikmati langkah no.1 diatas...yaitu kopi dan rokok...hehehe....:-D 
  11. Jika sudah selesai, Klik OK dilanjutkan dengan Show Results untuk melihat hasil scan. Pastikan semua checkboks sudah terpilih, dan pilih  Remove Selected. hapus juga semua file yang dikarantina Ketika proses pembersihan sudah selesai, program ini akan membuka sebuah file log berisi catatan dalam Notepad. Hati-hati, setelah proses ini Anda akan ditanya apakah akan melanjutkan proses. Pada saat itu PC akan melakukan restart secara otomatis. jika komputer sudah restart lakukan scan sekali lagi sampai untuk lebih memastikan bahwa komputer anda sudah bebar-benar bersih dari program jahat.angkah selanjutnya adalah menata kembali settingan komputer anda...sesuai keninginan anda langkah terakhir, buka browser internet explorer anda, ganti homepage pada internet explorer menjadi about:blank atau homepage lain sesuai keinginan anda, lakukan clear browsing data dan tutup. jika anda sudah benar-benar yakin bahwa settingan di komp anda sudah sesuai dengan keinginan anda lakukan kembali pembekuan dengan merubah deep freeze menjadi boot frozen...restart dan coba rasakan perbedaannya..............
Catatan : tulisan ini hanya menurut pengalaman pribadi saja, dari beberapa PC yang saya scan ada yang menyebabkan  program menjadi crash tergantung tingkat infeksi virus, tp itu sebanding dengan hasil yang saya dapatkan solusinya unnistal program yang eror dan instal ulang kembali, selesai.
buat yang berminat silahkan dicoba, bagi yang punya cara-cara yang lain silahkan share disini biar kita bisa berbagi ilmu.

4 komentar:

  1. Thx gan telah membantu ,masalahnya sama soalnya

    BalasHapus
  2. thanks gan,,...
    ane sudah kena virus tersebut...
    ane mau basmi...

    BalasHapus
  3. Ane udah coba basmi pake mbam tapi tetep gak bisa gan,butuh pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga uda coba pakek Malwarebytes Anti Malware, tapi gak bisa..
      tapi setelah aku pakek avira, baru mati virusnya..

      Hapus